Logo IPI  
Journal > Automotive Engineering Education Journals > HUBUNGAN MINAT BEKERJA DI DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 PADANG

 

Automotive Engineering Education Journals
Vol 2, No 1 (2013): Education and Automotive Engineering Series
HUBUNGAN MINAT BEKERJA DI DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 PADANG
Article Info   ABSTRACT
Published date:
26 Jun 2013
 
Penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan saat Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 5 Padang. Masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran kompetensi produktif, tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah faktor psikis yaitu minat bekerja di Dunia Usaha/Dunia Industri  (DUDI) nantinya. Minat bekerja  merupakan salah satu faktor psikis yang bersifat non intelektual. Peranannya dalam hal pemberi semangat, merasa senang dalam  melakukan sesuatu, dan penumbuh perhatian semangat untuk belajar yang  itu semua adalah untuk bekerja di DUDI. Siswa yang memiliki minat bekerja yang kuat akan punya semangat tinggi untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat bekerja  dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan antara minat bekerja dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi yang awalnya berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane, namun menjadi 33 orang karena terdapat 2 orang sampel yang melakukan pengisian data secara tidak benar dalam mengisi instrumen.  Data minat bekerja  diperoleh dari penyebaran angket sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari kantor jurusan teknik otomotif. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 16 Februari 2013 sampai dengan tanggal 6 Maret 2013. Dari analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,3937 > 0,344) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,5941 > 2,042) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat bekerja  dengan hasil belajar mata pelajaran produktif  siswa kelas XII TeknikKendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang.
Copyrights © 2013