Announcement
Starting on July 4, 2018 the Indonesian Publication Index (IPI) has been acquired by the Ministry of Research Technology and Higher Education (RISTEKDIKTI) called GARUDA Garba Rujukan Digital (http://garuda.ristekdikti.go.id)
For further information email to portalgaruda@gmail.com

Thank you
Logo IPI  
Journal > Bina Insani ICT Journal > Fuzzy Tahani Untuk Model Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru

 

Full Text PDF (647 kb)
Bina Insani ICT Journal
Vol 4 No 2 (2017): Bina Insani ICT Journal
Fuzzy Tahani Untuk Model Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru
Article Info   ABSTRACT
Published date:
17 Dec 2017
 
Abstrak: Kompetensi yang tinggi tidak pula dapat menjadi tolak ukur bahwa seorang guru dapat mengajar dengan baik. Bisa jadi seorang guru dengan kompetensi yang standar, tetapi penyampaiannya yang mudah bisa lebih diterima pembelajarannya oleh peserta didik. Hal ini membuktikan bukan hanya kompetensi yang tinggi yang dibutuhkan guru, tetapi juga cara mengajar dan penyampaian yang mudah untuk dicerna oleh peserta didik. Kedekatan emosional antara guru dan peserta didik juga dapat mempermudah dalam pembentukan karakteristik dan watak peserta didik nantinya. Untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, maka guru dituntut untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Dalam melakukan penilaian kinerja guru dapat dilakukan dengan menggunakan fuzzy logic model Tahani. Dengan kriteria penilaian yaitu pedagogik, kepribadian, social dan profesional yang menjadi input nilai fuzzy nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan logika fuzzy dengan metode Tahani untuk menilai kinerja  guru dengan peringkat hasil penilaian kinerja dengan fuzzy Tahani. Dan hasil penelitian ini adalah model dari suatu sistem pendukung keputusan untuk penilaian kinerja guru dengan  pendekatan  logika  fuzzy metode Tahani yang memberikan informasi mengenai hasil penilaian kinerja karyawan.
 
Kata kunci: Fuzzy Tahani, Pendukung Keputusan, Kinerja
 
Abstract:  High competence can not be a benchmark for a teacher to teach well. It could be a teacher with standard standards, but its easy delivery can be more acceptable to learn by learners. This proves not only what the teacher needs, but also the way of teaching and delivery that is easy to digest by learners. Emotional closeness between teachers and learners can also enter in the form of characteristics and character of learners later. To be able to perform its functions properly, then the teacher is required to improve its performance. In carrying out teacher performance appraisal can be done by using fuzzy Tahani logic model. With the criteria of assessment that is pedagogic, personality, social and professional input into his fuzzy. The result of this research is to apply fuzzy logic with Tahani method. And the results of this study is a model of a decision support system for teacher performance appraisal with fuzzy logic approach Tahani method that provides information about employee performance appraisal results.
 
Keywords: Fuzzy Tahani, Decision Support, Performance
Copyrights © 2017